Kamis, 08 Maret 2012

Komponen Komponen Utama Komputer

Komponen utama komputer harus ada pada sebuah komputer, karena dalam sistem komputer jika salah satu dari komponen utama tidak ada maka komputer tidak akan bekerja atau tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.
Komponen-komponen utama Komputer ada 3 yaitu:
  1. Hardware
  2. Software
  3. Brainware
 Hardware

Apakah itu Hardware? Hardware atau perangkat keras merupakan salah satu komponen utama komputer yang secara fisik dpat di raba dan tampak oleh mata, yang di satukan dan dapat di fungsikan
Contoh:
  1. Mose
  2. Keyboard
  3. Monitor
  4. CPU
  5. Printer
  6. Speaker
dan dalam Hardware sendiri masih di klasifikasikan berdasarkan fungsinya :
  1. Input Device (Unit masukan)
  2. Process Device (Unit pemrosesan)
  3. Output Device (Unit keluaran)
  4. Backing Storage (Unit penyimpanan)
  5. Tambahan
1. Unit masukan (input device)

Unit ini berfungsi untuk memasukkan data dari luar ke memori dan processor yang kemudian diolah untuk mendapatkan informasi yang di butuhkan. dan contoh dari input device atau unit masukan adalah mose, keyboard yang menghubungkan user dengan komputer, scanner untuk pengambilan gambar dan microphone untuk merekam suara kedalam komputer. 

2. Unit pemrosesan (process device)

Unit ini merupaka unit processing. Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU sendiri merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang dapat mengolah mengolah sehingga menghasilkan informasi.
Contoh:
  • Power Supplay merupakan  komponen komputer yang memasok listrik ke komponen lain dalam komputer. Lebih khusus, power supply unit biasanya dirancang untuk mengkonversi arus linstrik bolak-balik (AC 220-240V) menjadi arus listrik DC.
  • RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory yang berfungsi untuk menyimpan data sementara.
  • VGA card  yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor.
  • Processor atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. 
  • Motherboard merupakan papan  rangkaian utama komputer untuk memasang processor, memory dan perangkat lainnya.
  • Sound card adalah perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara pada komputer.
3. Unit keluaran (output device)

Output device atau unit keluaran dapat di artikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan kedalam bentuk tulisan maupun suara yang dapat di mengerti oleh manusia atau user. adapun contoh dari output device:
  • Monitor yang merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer.
  • Printer  yang merupakan unit keluaran yang berfungsi untuk mencetak tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas.
  • Speaker yang merupakan perangkat keras yang akan memberikan informasi dalam bnetuk suara.
4. Unit penyimpanan (backing storag)

Dalam Unit penyimpanan atau backing storage dikenal data storage yang merupakan  bagian dari CPU yang memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai media penyimpanan tetap untuk menyimpan data dan program. contoh : Harddisk.


Software

Software atau perangkat lunak adalah suatu program yang berisi perintah-perintah yang di mengerti komputer. dengan adanya software maka komputer akan mengerti apa yang di inputkan oleh user atau seorang. dan dengan software ini juga, kita dapat meminta pada komputer  untuk : mengetik surat/dokumen, menghitung, menggambar, megeluarkan suara  dan lain sebagainya.
Berdasarkan fungsinya Software di bagi menjadi 2 :
  1. OS (Operating Sistem) yang secara singkat berfungsi untuk menterjemahkan software aplikasi sehingga di mengerti oleh komputer.  Contoh OS:
    1. Windows 98/XP/VISTA/7
    2. Linux
    3. MAC
  2. Aplikasi merupakan perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.contoh Aplikasi:
    1. Microsoft Office
    2. Adobe Photoshop, ACD See
    3. dll

Brainware

Brainware adalah pengguna atau yang mengoperasikan komputer. kanrena komputer tidak akan ad gunanya jika tidak ada yang meng operasikannya ^^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gunakan Kata-kata yang baik...